Tampingan

Sepanjang hampir 2 kilometer wilayah Tampingan dilalui jalan utama Boja – Semarang di mulai dari kompleks perumahan Tambora hingga perbatasan Pandansari. Sepanjang jalan utama ini juga terdapat berbagai macam kegiatan ekonomi warga Tampingan maupun warga pendatang. Dengan lokasi yang cukup strategis, geliat ekonomi di wilayah Tampingan cukup bagus dan menjanjikan.

 

Toko Online Kami

Potensi Dusun Krajan Tampingan

Sepanjang hampir 2 kilometer wilayah Tampingan dilalui jalan utama Boja – Semarang di mulai dari kompleks perumahan Tambora hingga perbatasan Pandansari. Sepanjang jalan utama ini juga terdapat berbagai macam kegiatan ekonomi warga Tampingan maupun warga pendatang. Dengan lokasi yang cukup strategis, geliat ekonomi di wilayah Tampingan cukup bagus dan menjanjikan.

Potensi

Tampingan merupakan pusat kegiatan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya, dimana di wilayah ini terdapat pasar desa juga pertokoan sebagai tujuan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Di wilayah Tampingan juga terdapat banyak sarana layanan publik seperti misalnya Pom bensin, kantor BRI, kantor PLN, klinik, SMK dan banyak lagi.
Lahan milik desa yang cukup stragis dan berada di sepanjang jalan utama Boja – Semarang juga belum dimanfaatkan secara optimal. Pemerintah Desa Tampingan bersama BUMDES akan mengelola lahan-lahan tersebut untuk kemajuan ekonomi desa. Ada beberapa unit usaha yang sudah berjalan di wilayah ini, antara lain:

Pasar Desa

Pasar desa saat ini memiliki los toko sebanyak 15 unit yang disewakan kepada warga dengan sistem sewa 3 tahunan. Pemerintah Desa Tampingan beserta BUMDES berencana akan memperluas lokasi pasar Desa dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada. Kepengurusan pasar desa dipegang oleh warga dan BUMDES berperan dalam manajemen melalui unit usaha renting.
Lahan parkir di depan pasar desa juga dimanfaatkan oleh pengurus untuk sarana hiburan dengan menyewakan mainan anak yang beroperasi setiap sore hari. Ke depan setelah pandemi covid-19 usai akan diselenggarakan berbagai macam event di lahan parkir untuk semakin meramaikan pasar desa.

Ruang Publik

Pemerintah Desa Tampingan dan BUMDES berencana akan membangun ruang publik seluas 20 M x 30 M untuk berbagai macam keperluan warga seperti misalnya untuk pesta pernikahan dan sarana olahraga. Meskipun masih dalam tahap perencanaan namun rencana pembangunan ruang publik sudah merupakan rencana matang yang akan diwujudkan oleh Pemerintah Desa Tampingan.

BUMDES Shop

BUMDES di desa Tampingan baru terbentuk pada akhir tahun 2020 dengan sekian banyak program yang sudah dikaji secara mendalam oleh para pengurusnya. Sebagian program2 tersebut sudah berjalan dan sebagian lagi masih dalam proses karena terbatasnya modal dan usia BUMDES yang baru berusia beberapa bulan.
Salah satu program yang saat ini sedang mulai dijalankan adalah BUMDES Shop. Saat ini pembangunan gedungnya sudah dimulai diatas tanah berukuran 8×12 meter persegi. Rencana BUMDES Shop adalah menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat dengan harga grosir sehingga masyarakat akan memperoleh barang kebutuhan mereka dengan harga terjangkau. Selain itu BUMDES Shop juga akan menjual berbagai kebutuhan secara online dan BUMDES sudah mempersiapkan toko online yang sudah bisa diakses di www.bumdeshoping.com

Lahan Parkir

Dengan banyaknya tempat layanan publik yang terdapat di Desa Tampingan maka secara otomatis akan mengundang pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, hal ini kemudian melahirkan inisiatif untuk mengelola lahan parkir di tempat-tempat tersebut. Pemerintah Desa Tampingan dan BUMDES telah mempersiapkan SOP tentang pengelolaan tempat-tempat yang memilik potensi parkir di tempat-tempat yang memang sering dikunjungi oleh warga dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pasar desa Tampingan

A Special Thanks to Our Sponsors

BUMDes Berkah Mandiri Tampingan

Kunjungi Toko Online Kami